Tuesday, February 28, 2012

sharing-01

woaaahh.. guys i want to share you about ENDOKRIN. please correction if i'm wrong :)

sebelumnya kita mengetahui apakah Endokrin itu dan apakah Hormon itu.
Endokrin adalah kelnjar tanpa saluran, tidak mempunyai saluran, jadi hormonnya langsung dialirkan bersama darah.
hormon sendiri bertindak sebagai pengantar/pembawa pesan ke jaringan/organ target. Hormon dapat membantu dalam metabolisme/pemecahan subtansi kimia didalam tubuh.
Endokrin di kontrol oleh Hipotalamus yang langsung terhubung ke Saraf dan Hipofisa (yang mengontrol Hormon) hipofisa terbagi 2; -Anterior -Posterior
anterior mengontrol/merangsang
a. GH (growth hormone)/somatotropin yakni, hormon pertumbuhan, meningkatkan transpor Asam Amino ke Sel, menaikkan sintesa Protein, merangssang pembelahan sel, merangsang pengeluaran lemak dari jaringan adiposa, (adiposa adalah sel lemak, untuk menyimpan lemak)
b. TSH (thyroid stimullating hormone) kelenjar tiroid ini satu-satunya kelnjar yang dapat menyimpan hormonnya, kelenjar tiroid mengontrol metabolisme, FT3, FT4, serta yodium. TSH dirangsang oleh TRH (thyroid releasing hormone) dari hipotalamus, TRH akan di produksi ketika laju metabolisme / produksi energi menurun.
c. ACTH (adenocorticotropic hormone) [Adrenal- 'ad' dekat, 'renes' ginjal'- biasanya kalau sering baca artikel ACTH ini bisa disebut kelenjar anak ginjal, karena terletak di atas ginjal. mengontrol banyak hormone, adrenal ini di bagi lagi ; -medulla (yang dihasilkan  -korteks () menghasilkan hormon Glukokortikoid -metabolisme, kortisol. Mineralkortikoid seperti Aldosteron, berfungsi sebagai keseimbangan garam dan mineral. Gonadokortikoid yang mengontrol Testis, dan Ovarium.
d. FSH (folicle stimulatting hormone) FSH memicu perkembangan Ovum, merangsang sekresi estrogen, pada pria memicu produksi sperma didalam testis. FSH sangat berperan dalam siklus menstruasi, FSH yang mematangkan sel telur, serta memastikan pelepasan Estrogen (estrogen hormon steroid, sebagai hormon seks, pada wanita mengatur siklus haid, pada saat monopause estrogen nya menurun, terdapat juga pada laki-laki tapi hanya sedikit, ) pada wanita.
e. LH (luteinizing hormone) dikontrol dari Hipotalamus, untuk mengontrol pelepasan Gonadotropin - gonadotropin untuk mengaktifan pubertas.  pada pria merangsang Interstisial (cairan diluar sel) testis untuk sekresi Testosteron (Testosteron merangsang perkembangan ciri khas sekunder pria dan produksi sperma),  memacu produksi sperma.
f. PRH (prolactine realeasing hormone) merangsang dan memicu serta memelihara produksi air susu oleh kelenjar mamae.

posterior, posterior mengontrol,
a. Hormon ADH (antidiuretic hormone) meningkatkan reabsorsi air oleh tubulus ginjal, menurunkan volume urin, serta mempertahankan tekanan darah normal.

b. Oksitosin, merangsang kontraksi Uterus pada saat akhir kehamilan [melahirkan; (dgn cara kerja, kurang lebih sbg berikut ; Uteri renggang --> Impuls Sensor --> merangsang hipofisis anterior untuk melepas anterior, jadi oksitosin menyebabkan kontraksi yang kuat pada miometrium.)], merangsang pengeluaran air susu dari kel. mamae.


just this! :D thank you~
source : summery of a literature some book, Buku Ajar Anatomy & fisiologi, tubuh manusia (human body, dk), journal in internet

see you next time :))

No comments:

Post a Comment

a trail bisa dooonnngg :D